SOAL
- Apa yang Anda ketahui tentang produksi dan fungsi produksi
- Jelaskan jenis-jenis pasar monopoli, oligopoli, persaingan sempurna
JAWABAN
1. Produksi dan Fungsi Produksi
Produksi adalah kegiatan untuk menciptakan danan menambah kegunaan (Utility) suatu barang dan jasa. Menurut Ahyari (2002) proses produksi adalah suatu cara, metode ataupun teknik menambah keguanaan suatu barang dan jasa dengan menggunakan faktor produksi yang ada.
proses produksi merupakan kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan faktor-faktor yang ada seperti tenaga kerja, mesin, bahan baku dan dana agar lebih bermanfaat bagi kebutuhan manusia.
Fungsi produksi merupakan suatu kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang, mengubah sesuatu yang nilainya lebih rendah menjadi sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi dengan menggunakan sumber daya yang ada, seperti bahan baku, tenaga kerja, mesin dan sumber-sumber lainnya, sehingga produk yang dihasilkan dapat memberikan kepuasan pada konsumen. Dengan demikian untuk membuktikan apakah produksi tersebut telah berjalan atau tidak, maka diperlukan suatu pemeriksaan yaitu pemeriksaan manajemen. Sedangkan program pemeriksaan manajemen pada fiingsi produksi yang akan dilakukan adalah perencanaan dan pengendalian produksi, tenaga kerja produksi, fasilitas produksi, dan pelaksanaan proses produksi.
2. Jenis-jenis pasar monopoli, oligopoli, persaingan sempurna
Pasar Monopoli
Teori pasar persaingan monopolistik dikembangkan karena ketidakpuasan terhadap daya analis model persaingan sempurna maupun monopoli. Struktur pasar perekonomian monopolistik hampir sama dengan persaingan sempurna.
Karakteristik pasar monopoli:
- Hanya ada satu produsen
- Produsen bebas menentukan harga
- Adanya hambatan bagi perusahaan lain untuk masuk ke dalam pasar monopoli
- Output yang besar karena permintaannya banyak
- Biaya marginal semakin lama semakin menurun, sehingga biaya produksi (AC) makin rendah (decreasing MC dan AC)
Kelebihan Pasar Monopoli:
- Mampu mengakumulasi laba super normal dalam jangka panjang
- Menghasilkan output yang besar melalui peningkatan efisiensi
- Mampu meningkatkan investasi ekonomi
- Meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pengaturan harga dua tingkat ( two tier pricing)
Kelemahan Pasar Monopoli:
- Hilang atau berkurangnya tingkat kesejahteraan konsumen
- Menimbulkan eksploitasi terhadap konsumen dan pekerja
- Memburuknya kondisi makroekonomi nasional
- Membruknya kondisi perekonomian Internasional
Pasar Oligopoli
Struktur pasar atau industri oligopoli adalah pasar yang terdiri dari hanya sedikit perusahaan(produsen).
Karakteristik pasar Oligopoli:
- Hanya sedikit perusahaan dalam industri(few number of firms)
- Produknya homogen atau terdiferensiasi(homoen or differentiated product)
- Pengambilan keputusan yang saling mempengaruhi (interdepedence decisions)
- Kompetensi nonharga (non pricing competition)
Kelebihan Pasar Oligopoli:
- Hanya sedikit perusahaan dalam Industri membuat saingan juga menjadi sedikit.
- Oligopoli dengan produk difensiasi lebih mudah memprediksi reaksi-reaksi dari perusahaan lawan
- Oligopoli dengan produk yang homogen memiliki rintangan masuk ke dalam pasar yang relatif kecil
Kelemahan Pasar Oligopoli:
- Efisiensi hanya dicapai jika perusahaan memproduksi output dalam skala yang sangat besar
- Pengambilan keputusan yang sangat kompleks karena terdapat kompetisi non harga
- Membutuhkan kemampuan manajemen yang sangat baik karena kompleksnya persaingan
Pasar Persaingan Sempurna
Karakteristik pasar persaingan sempurna :
- Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen (homogeneous product)
- Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan/informasi sempurna (perfect know-ledge)
- Output sebuah perusahaan relatif kecil dibanding output pasar (small relatively output)
- Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (price taker)
- Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (free entry and exit)
Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna:
- Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual atau pembeli yang sama-sama telah mengetahui keadaan pasar.
- Barang yang diperjualbelikan dalam pasar persaingan sempurna homogen (sejenis).
- baik penjual ataupun pembeli tidak bebas menentukan harga, karena harga ditentukan oleh kekuatan pasar.
- Harga Jual barang dan jasa adalah yang termurah
- Jumlah Output Paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksimal (kemakmuran maksimal)
- Masyarakat merasa nyaman dalam mengonsumsi karena tidak perlu membuang waktu untuk memilih barang dan jasa (produk yang homogen)
- Tidak takut ditipu dalam kualitas harga (informasi sempurna)
Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna:
- Kelemahan dalam hal asumsi
- Kelemahan dalam pengembangan teknologi
- Konflik efisiensi keadilan
Pengantar ilmu ekonomi FEUI Prahatma Raharja,Mandala Manurung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar