FORTRAN

FORTRAN merupakan singkatan dari FORmula TRANslator yang merupakan bahasa tingkat tinggi tertua dan pertama. Fortran dikembangkan dari bahasa tingkat tinggi sekitar tahun 1950 oleh John Backus seorang ahli di IBM. Pada tahun 1957  fortran diterapkan pada komputer IBM 704. Kemudian, pada tahun 1958 fortran II dikeluarkan masih untuk digunakan pada komputer IBM 704 dan pada tahun 1962 barulah muncul fortran IV dikenalkan untuk komputer IBM 7030.
Salah satu pengembangan dari standar fortran yang populer untuk pendidikan adalah WATFIV (waterloofortran IV) yang kemudian dikembangkan menjadi WATFOR (waterloo fortran). WATFIV dan WATFOR dikembangkan di University of waterloo, kanada.
Versi fortran yang banyak digunakan pada komputer mikro adalah MS-fortran (microsoft fortran). MDS-fortran juga merupakan bahasa fortran yang mengikuti satndar dari ANSI, yaitu fortran 77.

Struktur dari Fortran dibagi menjadi 5 bagian kolom dan tiap-tiap baris di dalam program dapat berisi :

  1. Metacommand
  2. komentar
  3. statement
  4. sambungan dari statement baris sebelumnya
Suatu statement fortran dapat dibentuk dari elemen-elemen :
  1. Konstanta, erupakan nilai yang sudah pasti dan tidak akan berubah di dalam program. Konstanta di bagi menjadi 3 yaitu konstanta numerik, konstanta karakter dan konstanta logika.
  2. Operator, Operator di dalam bahasa Fortran terdiri dari operator aritmatika ( **,*,/,+,-) , operator hubungan (LT, LE, EQ, NE, GT, GE) dan operator logika ( NOT, AND, OR)
  3. Ungkapan , dalam bahasa fortarn ungkapan dibagi menjadi 3 yaitu ungkapan aritmatika, ungkapan karakter dan ungkapan logika.
  4. Nama, Nama dalam Fortran menunjukan suatu variabel , larik, fungsi atau rutin bagian
  5. Verb, merupakan kata kerja perintah yang terdapat dalam statement.

sumber : Pengenalan komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beautiful in white

Google Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Web Informer Button