Wawancara dengan narasumber


Wawancara merupakan sebuah percakapan yang berlangsung antara dua orang atau lebih yang berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Adapun tujuan dari wawancara yaitu untuk mendapatkan informasi yang didapatkan oleh narasumber dimana pewawancara melontarkan berbagai macam pertanyaan kepada narasumber.

Berikut ini adalah hasil test wawancara yang saya lakukan kepada rekan saya benama Muhammad Teguh Hafizuddin yang merupakan seorang mahasiswa Universitas Indonesia jurusan Akuntansi TSI yang sedang melakukan magang di KAP (Kantor Akuntan Publik).


Bagaimana pengalaman Anda magang di KAP?

Pengalaman saya selama magang di KAP yaitu dapat ilmu banyak mengenai bagaimana bekerja di sebuah kantor. Dapat penghasilan juga yang bisa dibilang lumayan kalau dibilang masih magang.


Sebagai apa Anda magang disana ?

Saya di KAP magang sebagai Junior Auditor


Pekerjaan apa yang paling sering Anda lakukan ketika berada di kantor magang ?

Pekerjaan yang paling sering saya lakukan yaitu :
  1. Mempersiapkan kertas kerja (working paper) yang wajib dipersiapkan dan dibuat oleh seorang auditor kerena berisi data-data yang akan diaudit pengujiannya serta temuan audit. Kertas kerja salah satu acuan untuk menentukan pendapat atas laporan keuangan perusahaan yang akan di audit.
  2. Melakukan audit field work. Auditor biasanya melakukan audit field work di kantor klien. Tujuan dari audit field work ini adalah untuk mempermudah auditor dalam mengumpulkan data-data yang akan dibutuhkan selama proses audit berlangsung.
  3. Melakukan vouching yaitu melakukan pengecekan pada bukti pendukung terhadap transaksi-transaksi yang terjadi di perusahaan klien selama tahun audit.
Bagaimana tahap penempatan magang sebelumnya sampai anda bisa magang di KAP ?

Magang merupakan matakuliah spesial yang ditawarkan kampus. Penempatan magang biasanya ditempatkan  kampus juga bisa memilih sendiri tetapi kalau saya pribadi memilih ditempatkan kampus karena saat itu lagi sibuk kuliah sampai tidak punyak waktu luang untuk mencari tempat magang sendiri.

Rata-rata jam magang Anda biasanya berapa lama ?

Normalnya 9,5 jam, dari pukul 08:30 sampai dengan 18.00. Tetapi disaat ada lembur bisa pulang larut malam bahkan menjelang pagi.

Berapa lama Anda akan magang di KAP ?

Kali ini saya mendapat kesempatan magang selama 4 bulan terhitung dari tanggal 2 Januari 2013 sampai dengan April 2013.

Apa tujuan Anda magang ?

Tujuan utama magang yaitu memperoleh bahan untuk menyelesaikan tugas akhir dan masih banyak lagi tujuan yang lainnya yaitu untuk mendapatkan pengalaman kerja dan mendapatkan ilmu yang banyak tentang dunia kerja.

Apakah banyak rekan kuliah Anda yang magang ditempat yang sama dengan Anda ?

Tidak, justru rekan kerja saya rata-rata berasal dari STAN sementara sekarang hanya saya sendiri yang berasal dari UI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beautiful in white

Google Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Web Informer Button